سْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
A.
PENDAHULUAN
Alhamdulillah segala puji bagi
Allah Subhanahu Wataala yang telah memberikan kita nikmat yang tak terhingga
kepada kita semua hingga hari ini, shalawat serta salam tak lupa kita haturkan
kepada qudwah hasanah kita Nabi Muhammad ﷺ beserta para sahabatnya dan semoga kita termasuk kedalam
umatnya hingga hari akhir nanti.
Alhamdulillah kegiatan pelatihan
yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang berjudul
Kegiatan Sosialisasi Program Literasi Teknologi ini selama 3 hari dari tanggal
17 – 19 Juli 2019 yang bertempat di Grand Hani Hotel telah diikuti dengan lancar
tanpa ada hambatan satu apapun. Banyak sekali informasi – informasi terkait
dengan dunia literasi yang dapat diimplementasikan di sekolah tempat kita
bertugas.
Dasar kegiatan ini adalah
permendikbud no 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti yang sejatinya
diterapkan di seluruh satuan pendidikan di setiap 15 menit awal kegiatan
pembelajaran yang disesuaikan dengan materi atau mata pelajaran guru mata
pelajaran pada jam tersebut. Maka dari itu perlu dukungan semua pihak agar
tujuan meningkatkan budaya literasi ini di masing-masing satuan pendidikan.
Semoga laporan kegiatan ini dapat menjadi salah satu masukan untuk kegiatan
literasi yang sedang dijalan di pesantren terpadu Al Kahfi.
B.
LAPORAN KEGIATAN
1.
Peserta
Jumlah peserta
dari kegiatan ini untuk angkatan 1 adalah 75 orang yang berasal dari SMA dan
SMK yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yang
rencananya akan berlangsung selama 1 minggu untuk 3 angkatan dengan total
peserta sebanyak 225 orang.
2.
Narasumber
Adapun
narasumber dalam kegiatan ini berjumlah dua orang yaitu:
1.
Prof. Thomas
Neil Rob : International Extensive
Reading Foundation
2.
Mia Damayanti,
M.Pd : The Indonesian Extensive
Reading Association
3.
Materi
kegiatan
Pada
pelatihan kali ini yang berjudul sosialisasi program literasi teknologi
“Implementasi Literasi Digital Dan Membaca Ekstensif Dalam Gerakan Literasi Sekolah Lanjutan
Tingkat Atas” menitik beratkan pada tentang metode membaca ekstensif (Extensive
Reading) yang sejatinya diterapkan di seluruh mata pelajaran melalui kegiatan
membaca 15 menit di awal pelajaran.
Di
dalam teorinya Teknik membaca itu ada dua yaitu Intensif dan Ekstensif yang
masing-masing memiliki tujuan tersendiri ketika di aplikasikan. Untuk membaca
ekstensif tersendiri ada beberapa keunggulan sebagaimana yang sudah banyak
dimuat di dalam penelitian baik di dalam negeri maupun luar negeri terlebih
lagi bagi murid yang mempelajari Bahasa asing seperti yang digambarkan di table
bawah ini, jika dibandingkan bagaimana seseorang dalam mempelajari Bahasa Lokal
dan Bahasa Asing
L1
|
L2
|
Learn at
home informal
|
In Formal
institution
|
Use in daily
conversation
|
Use only at
several situations
|
Supporting
environment
|
Unsupporting
Environment
|
Acquire
naturally
|
By learning
it
|
Lots of
input
|
Little input
|
Learn in
unconscious
|
Learn in
conscious
|
Repetition
|
Memorization
|
Listening
|
Reading
|
Table 1 How students learn their L1 and L2
Jika
dilihat table diatas terlihat bagaimana perbedaan murid dalam mempelajari L1
dan L2. Pada kolom L2 terlihat bagaimana Bahasa L2 itu diperoleh dengan cara
membaca. Maka dari itu metode membaca ekstensif itu sangat diperlukan, mari
kita lihat tabel dibawah ini.
Di dalam
membaca ekstensif siswa diwajibkan membaca buku sebanyak-banyaknya dan kriteria
dalam membaca ekstensif itu yaitu:
- Harus menyenangkan : buku-buku yang digunakan untuk membaca ekstensif itu harus menyenangkan yang levelnya disesuaikan dengan karakter peserta didik
- Mudah untuk dibaca: ketika mereka membaca tidak memerlukan kamus karena yang terpenting adalah apa yang dibaca itu adalah buku-buku yang mudah atau 2 level dibawah kemampuan mereka saat ini.
- Murid memilih buku atau topik yang dibaca: tentu saja buku yang ingin mereka baca tidak bisa dipaksakan atau ditentukan dikarenakan dalam membaca ekstensif ini bagaimana dengan membaca mereka menemukan kesenangan sehingga mereka dapat membaca sesuai minat mereka
- Dapat dibaca dengan cepat: sama seperti diatas pada poin ini juga mereka diharapkan dapat membaca dengan cepat karena yang diutamakan adalah membaca buku sebanyak-banyakannya bukan seberapa mereka paham akan bacaan yang mereka baca.
- Materi yang bervariasi: harus tersedia buku-buku dengan genre yang bermacam-macam untuk mengakomodir kebutuhan masing-masing peserta didik.
- Sedikit menggunakan kamus: karena menekankan kepada kenyamanan dalam membaca maka diperlukan bahan bacaan yang mudah bagi para peserta didik kita
- Dilakukan di luar kelas: kegiatan membaca ekstensif ini dilakukan di luar kelas bisa dimanapun dan dilakukan ketika mereka merasa nyaman.
Mengapa
menggunakan metode Ekstensive Reading di dalam mempelajari Bahasa Inggris.
Pertanyaan ini sering diajukan oleh para pakar yang juga menjadi guru Bahasa
Inggris untuk orang-orang asing seperti orang Jepang. Itulah yang dilakukan
oleh Prof Tom ketika berada di Jepang. Menurutnya ketika seseorang mempelajari
Bahasa Asing hal yang paling utama adalah dengan memberi sebanyak-banyaknya
input tentang Bahasa yang akan dipelajarinya tersebut dengan berbagai cara,
salah satunya yaitu dengan cara Ekstensive Reading. Sekarang sudah banyak
penerbit yang membuat buku untuk memudahkan orang-orang yang ingin belajar
Bahasa Inggris dengan menggunakan buku Graded Readers atau yang sering dikenal
dengan buku bacaan sesuai dengan level Bahasa yang ada di buku tersebut. Buku-buku
seperti inilah yang cocok untuk dibaca oleh seseorang yang ingin mempelajari
Bahasa Inggris tersebut.
Prof
Tom juga melalui website nya yaitu www.mreader.org
menyediakan banyak buku dan juga quiz yang berkait dengan bahan bacaan graded
readers yang dapat diakses secara gratis. Satu hal yang terpenting menurut Prof
Tom adalah bagaimana ketika program Ekstensive Reading ini sudah dijalankan
seorang guru dapat mengecek apakah murid tersebut benar-benar membaca atau
belum.
Oleh
karena itu menurut beliau dapat dilakukan dengan cara memberikan quiz singkat
mengenai buku yang mereka baca tersebut sehingga dapat mengetahui sejauh mana
informasi yang mereka dapat ketika membaca sebuah buku.
Banyak
juga website – website yang dapat dijadikan referensi atau media pendukung
dalam menjalankan program ekstensif reading ini. Yaitu sebagai berikut
Halaman website yang berisikan
tentang non profit organization tentang extensive reading
Salah satu website yang
berisikan e-book graded readers (berbayar)
website yang berisikan daftar online
extensive materials
website untuk mengecek
kesukaran suatu bacaan berdasarkan kosakata dari tulisan tersebut
Sumber Referensi tentang membaca Ekstensif:
![]() |
Peserta Pelatihan Angkatan 1 - 2019 (Lembang Bandung) |
![]() |
Prof Thomas Neil Rob - International Extensive Reading Foundation |
Bagus,Dan dapat membantu orang orang baca Dan belajar Bahasa inggris
ReplyDeleteSangat bagus. Bahasa mudah dipahami, dapat melancarkan/membiasakan orang membaca bahasa Inggris dengan baik.
ReplyDeleteNothing
ReplyDeleteits already good
ReplyDeleteVery good way to know foreign language
ReplyDeletecara yg bagus biar bisa mempelajari bahasa luar
ReplyDeleteEkstensif lebih kpd kuantitas,
ReplyDeleteSedangkan Intensif lebih kepada kualitas. Nice article sir!
nice info gan!
ReplyDeleteBagus, membaca ekstensif bisa membantu kita menambah kosakata tanpa harus buka kamua
ReplyDeleteCara yang bagus simple
ReplyDeleteVery excired
ReplyDeleteVery excited!
ReplyDeletebagus buat belajar bahasa Inggris
ReplyDeleteinfo yang sangat bagus untuk orang yang ingin belajar bahasa asing dan yang mengajarkannya
ReplyDeleteI concluded about READING. whatever the reading, reading can give new insight about anything. and “The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you’ll go.” thank you mr fahmi. - ahmad fadli robby -
ReplyDeleteThis is good trick!, thanks bro !
ReplyDelete